Article #33101

Nur Fadilah (2023) UNSPECIFIED

[img] Text
Artikel-Nur Fadilah_Universitas Negeri Makassar.pdf

Download (323kB)

Abstract

Nur Fadilah, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN No. 01 Centre Pattallassang. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Hum dan Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran model pembelajaran Experiential Learning pada siswa, (2) untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis puisi pada siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan metode Quasi Experiment. Desain dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Controll Group Design. Variebel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Experiential Learning sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis puisi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang brejumlah 30 siswa. Sampel yang dugunakan penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pembagian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji uji Independent Sample T-test dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Experiential Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa berada pada kategori sangat efektif, keterampilan menulis puisi siswa sebelum dan setelah diterapkan model Experiential Learning mengalami peningkatan, setelah dilakukan uji hipotesis dan analisis maka diperoleh hasil, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Experiential Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran Experiential Learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN No. 01 Centre Pattallassang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:07
Last Modified: 20 Jul 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item