Pengaruh Penggunaan Media Tulang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Telkom Makassar.

Dian Amalia (2023) Pengaruh Penggunaan Media Tulang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Telkom Makassar.

[img] Text
JURNAL DIAN FIX.pdf

Download (561kB)

Abstract

Dian Amalia, 2020. Pengaruh Penggunaan Media Tulang Napier Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III SD Telkom Makassar. Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran penerapan media tulang napierdi kelas IIISD Telkom Makassar, (2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas IIISD Telkom Makassar, dan (3)Pengaruh penerapan media tulang napier terhadap hasil belajar peserta didik kelas IIISD Telkom Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan media tulang napier, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDTelkom Makassar sebanyak 83 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 29 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Gambaran media tulang napier di kelas IIISD Telkom Makassar berlangsung secara efektif dikarenakan kategori persentase untuk setiap pertemuan meningkat. (2) Gambaran hasil belajar peserta didik kelas IIISD Telkom Makassar mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dari nilai posttest peserta didik berada pada kategori tinggi setelah diberikan perlakuan sedangkan nilai pretest berada pada kategori sedang sebelum di berikan perlakuan.(3) Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pre test dan post test berupa tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. (2-tailed) dari hasil uji Paired Sample Test sebesar 0.000 nilai tersebut lebih kecil dari α=0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media tulang napiermemiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SD Telkom Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:02
Last Modified: 20 Jul 2023 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33100

Actions (login required)

View Item View Item