PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD ISLAM COKROAMINOTO II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

SARDIANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASILBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD ISLAM COKROAMINOTO II KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. JUDUL-LAMPIRAN.docx

Download (627kB)
[img] Text
2. BAB I-RIWAYAT HIDUP.docx

Download (4MB)

Abstract

SARDIANA, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran model pembelajaran team accelerated instruction (TAI) pada siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar?, (2) bagaimanakah hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI)? dan (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) gambaran model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar, (b) hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II sebelum dan sesudah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan (c) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design dengan bentuk desain the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II dan sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa proses pembelajaran berlangsung secara efektif dengan kategori baik dan hasil belajar siswa meningkat serta terdapat pengaruh yang signifikan yang dilihat dari hasil uji-t. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif dan hasil belajar siswa meningkat serta terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe team accelerated instruction (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Cokroaminoto II Kecamatan Tallo Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:45
Last Modified: 20 Jul 2023 05:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33097

Actions (login required)

View Item View Item