Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Nurul Maghfirah (2023) Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

[img] Text
Artikel_Nurul Maghfirah_1747042019_PGSD FIP UNM.pdf

Download (715kB)

Abstract

Nurul Maghfirah, 2021. Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Naskah Skripsi ini dibimbing oleh Drs. Lutfi B. sebagai pembimbing I dan Drs. Nasaruddin sebagai pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng ? penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan pembelajaran daring dan hasil belajar IPA siswa. Setting penelitian ini adalah SDN 3 Lemba tahun ajaran 2020/2021. Adapun subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V SDN 3 Lemba, dengan jumlah siswa 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar IPA siswa. Hasil belajar IPA siswa pada data siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan pada siklus II meningkat berada pada kategori baik (B). Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Pembelajaran Daring pada hasil belajar IPA siswa dapat meningkat pada kelas V UPTD SPF SDN 3 Lemba

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:58
Last Modified: 20 Jul 2023 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33089

Actions (login required)

View Item View Item