Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo

Ramadhani Deasy (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo.

[img] Text
ARTIKEL 1747041011 DEASY RAMADHANI PGSD17.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ramadhani, Deasy. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dra. St. Nursiah dan Dr. Amir Pada). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV. (2) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif metode survei. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran daring sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo, sedangkan sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh nilai Deviation from Liniarity 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 333 Tangkoli Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:52
Last Modified: 20 Jul 2023 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33088

Actions (login required)

View Item View Item