NURWULANDARI (2023) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IV DI SDN GUNUNG SARI 1KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1.sampul depan.docx Download (21kB) |
|
Text
2.sampul kedua.docx Download (22kB) |
|
Text
3.PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (29kB) |
|
Text
5.MOTO.docx Download (16kB) |
|
Text
4. Pernyataan Keaslian.docx Download (131kB) |
|
Text
6.ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
7.PRAKATA.docx Download (19kB) |
|
Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (18kB) |
|
Text
9. DAFTAR TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN2.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I REVISI 1.doc Download (49kB) |
|
Text
BAB II 1.doc Download (133kB) |
|
Text
BAB III 1.doc Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA wul 1.doc Download (28kB) |
|
Text
Lam. 41 foto Pelaksanaan Kegiatan.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Download (6MB) |
Abstract
NURWULANDARI, 2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Nurhaedah,M.Si, dan Dr. A.Makassau, M.Si, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar disebabkan berbagai faktor salah satu faktor yaitu kondisi pembelajaran yang bersifat individual serta kurangnya siswa dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya saat jam pelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar IPA ?, (2) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPA?, (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPA, dan (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan model pembelaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tipe Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Grup Designs. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match sebagai variabel X1, model pembelajaran Pair check sebagai variabel X2 dan hasil belajar IPA siswa kelas IV sebagai variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 yang berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model Pair Check memiliki perbedaan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV, SDN Gunung Sari 1 Kecmatan Rappocini Kota Makassar dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:06 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33086 |
Actions (login required)
View Item |