PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IV DI SDN GUNUNG SARI 1KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

NURWULANDARI (2023) PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKTERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS IV DI SDN GUNUNG SARI 1KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1.sampul depan.docx

Download (21kB)
[img] Text
2.sampul kedua.docx

Download (22kB)
[img] Text
3.PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (29kB)
[img] Text
5.MOTO.docx

Download (16kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian.docx

Download (131kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
7.PRAKATA.docx

Download (19kB)
[img] Text
8.DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN2.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I REVISI 1.doc

Download (49kB)
[img] Text
BAB II 1.doc

Download (133kB)
[img] Text
BAB III 1.doc

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA wul 1.doc

Download (28kB)
[img] Text
Lam. 41 foto Pelaksanaan Kegiatan.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (6MB)

Abstract

NURWULANDARI, 2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Hj.Nurhaedah,M.Si, dan Dr. A.Makassau, M.Si, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini didasari oleh kenyataan di kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar disebabkan berbagai faktor salah satu faktor yaitu kondisi pembelajaran yang bersifat individual serta kurangnya siswa dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya saat jam pelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan model Make A Match terhadap hasil belajar IPA ?, (2) Bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPA?, (3) Apakah ada perbedaan hasil belajar IPA dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar ? tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA (2) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPA, dan (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan model pembelaran kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan dalam peneltian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen tipe Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Grup Designs. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match sebagai variabel X1, model pembelajaran Pair check sebagai variabel X2 dan hasil belajar IPA siswa kelas IV sebagai variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gunung Sari 1 yang berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model Pair Check memiliki perbedaan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV, SDN Gunung Sari 1 Kecmatan Rappocini Kota Makassar dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:06
Last Modified: 20 Jul 2023 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33086

Actions (login required)

View Item View Item