Pengaruh Penerapan Metode Home Visit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa

Nur Awaliah (2023) Pengaruh Penerapan Metode Home Visit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL NUR AWALIAH_1747441021.pdf

Download (369kB)

Abstract

Nur Awaliah. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Home Visit Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Nurhaedah, dan Syamsuryani Eka Putri Atjo). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Pre-Eksperimen Design dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui gambaran penerapan metode home visit di masa pandemi covid 19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa. (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa. (3) Mengetahui terdapatnya pengaruh penerapan metode home visit terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres Lembang Panai dengan jumlah 9 orang siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling total, di mana semua populasi di jadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan metode home visit pada pertemuan pertama berjalan dengan efektif dengan persentase 75% dan pada pertemuan kedua berjalan dengan sangat efektif dengan persentase 83,33%. Peningkatan hasil belajar pada pertemuan pertama sebesar 77,77% dan pada pertemuan kedua dengan persentase 66,66%. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan Paired Sampel t-Test yang menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran dengan menerapkan metode home visit di masa pandemi covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa Berlangsung secara efektif dikarenakan kategori persentase meningkat di setiap pertemuan, (2) hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan saat menerapkan metode hime visit di masa pandemi covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dari pada nilai pre-test, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode home visit terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa. Hal ini ditunjukkan berdAsarkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode kunjungan rumah (home visit) terhadap hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 kelas IV SD Inpres Lembang Panai Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:24
Last Modified: 20 Jul 2023 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33084

Actions (login required)

View Item View Item