PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS V SDN AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDRIANI MU’AR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIASISWA KELAS V SDN AROEPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman sampul kedua Andriani Mu’ar.docx

Download (1MB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru Andriani Mu’ar-2.docx

Download (3MB)

Abstract

Andriani Mu’ar. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SDN Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Dra. St. Nursiah B. M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil kemampuan membaca pemahaman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative script dan kemampuan membaca pemahaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan membaca pemahaman berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa di kelas V SDN Aroeppala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:57
Last Modified: 20 Jul 2023 01:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33080

Actions (login required)

View Item View Item