Hubungan pemberian Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

AMALIAH RAMADANI (2023) Hubungan pemberian Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
PGSD_1747042004_AMALIAH RAMADANI_Hubungan Pemberian Reward d.pdf

Download (444kB)

Abstract

AMALIAH RAMADANI, 2021. Hubungan pemberian Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si selaku pembimbing I , dan Dr. Erma Suryani Sahabuddin.,M.Si selaku pembimbing II . Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai.Kabupaten Maros. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana gambaran pemberian reward dan punishment.Bagaimana gambar motivasi belajar siswa dan apakah terdapat hubungan pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros yang terdiri dari tiga kelompok kelas, sedangkan penentuan sampelnya menggunakan total sampling yakni dengan jumlah sampel seluruh kelas V SDN 24 Batangase yang berjumlah 82 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan membagikan angket reward dan punishment dan angket motivasi belajar kepada siswa. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil pembagian angket reward dan punishment, serta angket motivasi belajar dengan data berupa tabel distribusi. Hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Korelasi Pearson Product Moment. Hasil statistic deskriptif menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment di kelas V dengan kategori baik Serta dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 24 Batangase,Kecamatan Mandai,Kabupaten Maros dengan tingkat hubungan yang sangat kuat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:17
Last Modified: 20 Jul 2023 02:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33079

Actions (login required)

View Item View Item