PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

DWI WAHYUNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES RAPPOCINI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Halaman sampul kedua suharni suaib.docx

Download (1MB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru suharni suaib siap ujian tutup.docx

Download (1MB)

Abstract

Dwi Wahyuni. 2017. Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd,. M.Pd dan Sumarlin Mus, S.Pd,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran snowball throwing dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini bertempat di kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar sedangkan subyek penelitiannya adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang, 16 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskripitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi guru dan siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK dengan ketuntasan belajar siklus I berada pada kategori cukup (C) sedangkan siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulannya adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SBK pada siswa kelas IV SD Inpres Kassi-Kassi I Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:51
Last Modified: 20 Jul 2023 01:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33078

Actions (login required)

View Item View Item