Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 217 Karassing kabupaten Bulukumba

Satriana (2023) Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 217 Karassing kabupaten Bulukumba.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI SATRIANA.pdf

Download (403kB)

Abstract

Satriana, 2020. Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 217 Karassing kabupaten Bulukumba. Naskah Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Andi Makkasau, M. Si dan Dra. St. Nursiah B, M.Pd selaku Pembimbing II pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia SDN 217 Karassing Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah gambaran penerapan metode bermain peran terhadap siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 217 Karassing Kabupaten Bulukumba; (2) Bagaimanakah gambaran Minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 217 Karassing Kabupaten Bulukumba; (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam metode bermain peran terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Negeri 217 Karassing Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode bermain peran terhadap siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 217 Karassing Kabupaten Bulukumba; (2) Untuk mengetahui gambaran Minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 217 Karassing Kabupaten Bulukumba; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam metode bermain peran terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar 217 Karassing Kabupaten Bulukumba.pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Pareabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Bermain Peran dan variabel terikat adalah minat belajar siswa. jumlah populasi yaitu 40 siswa dari selurus kelas IV,V, dan VI. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas V dan VI. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang signifikan antara penerapan metode Bermain Peran dan tidak menggunakan metode tersebut. Hasil analisis nilai pretest, treatment dan postest menunjukkan nilai probabilitas < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan metode bermain peran terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia SDN 217 Karassing Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:28
Last Modified: 20 Jul 2023 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33075

Actions (login required)

View Item View Item