Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

M. Awal Septian Nur B (2023) Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

[img] Text
Artikel M. Awal Septian Nur B.pdf

Download (679kB)

Abstract

M. Awal Septian Nur B, 2021. Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muh. Faisal, M.Pd., dan Ibu Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum., pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 45 siswa. Kelas IVA dengan jumlah 24 siswa, kelas IVB dengan jumlah 21. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa angket kebiasaan membaca terdiri dari 25 butir pernyataan dan nilai penilaian tengah semester (PTS) siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Angket kebiasaan membaca telah divalidasi oleh ahli dibidangnya dan telah diujicobakan (uji lapangan). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kebiasaan membaca siswa kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar secara kuantitatif dikategorikan tinggi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai (hasil belajar) Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar secara kuantitatif dikategorikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Bulurokeng 1 Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:15
Last Modified: 20 Jul 2023 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33074

Actions (login required)

View Item View Item