PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANISMULYANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PERUMNAS KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (45kB)
[img] Text
SAMPUL 1 .doc

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc

Download (50kB)
[img] Other
BAB I - doc

Download (53kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (110kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (31kB)
[img] Text
1. hal pertama LAMPIRAN.doc

Download (22kB)
[img] Text
2. siklus I pertemuan I.doc

Download (196kB)
[img] Text
7. siklus II pertemuan II.doc

Download (194kB)
[img] Text
5. DATA HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS 1.doc

Download (70kB)
[img] Text
Dokumentasi Penelitian.doc

Download (18MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (105kB)

Abstract

ANISMULYANI, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Nur Abidah Idrus, S.Pd., M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan II siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan hasil belajar PKn. Setting penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri Perumnas sedangkan subjek penelitian ini adalah satu guru dan 30 siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, manyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan peningkatan hasil belajar PKn dari kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi kategori tuntas pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar dalam pembelajaran PKn meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:29
Last Modified: 18 Jul 2023 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33069

Actions (login required)

View Item View Item