PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR

HASNIAH (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES PERUMNAS KOTA MAKASSAR.

[img] Text
halaman sampul kedua asli nia.docx

Download (1MB)
[img] Text
file asli skripsi terbaru nia.docx

Download (2MB)

Abstract

Hasniah. 2017. Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd dan Dr. Andi Nurochmah,. M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah gambaran pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas IV SD Inpres Perumnas Kota Makassar (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada kelas IV SD Inpres Perumnas Kota Makassar (3) Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada kelas IV SD Inpres Perumnas Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Inpres Perumnas Makassar (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick kelas IV di SD Inpres Perumnas Makassar dan;(3)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas Makassar . Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel penelitian ini adalah variabel independen (bebas) atau model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang terdapat pada objek percobaan yang diberi simbol (X) dan dependen (terikat) atau hasil belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres Perumnas Kota Makassar sebagai sampel penelitian yaitu kelas IVA dan kelas IVB, yang selanjutnya menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berada dalam kategori baik; (b) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung berada pada kategori cukup. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Perumnas Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:47
Last Modified: 18 Jul 2023 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33066

Actions (login required)

View Item View Item