Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Telkom Makassar

St.Zulaikha Hidayat (2023) Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Telkom Makassar.

[img] Text
ARTIKEL Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Telkom Makas.pdf

Download (189kB)

Abstract

St.Zulaikha Hidayat, 2020. Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SD Telkom Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si. dan Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd., selaku Pembimbing II. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah masalah berikut: (1) Bagaimanakah gambaran partisipasi orang tua siswa di SD Telkom Makassar? (2) Bagaimanakah gambaran motivasi belajar matematika siswa di SD Telkom Makassar? (3) Apakah ada pengaruh antara partisipasi orang tua terhadap motivasi belajar matematika siswa di SD Telkom Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui gambaran partisipasi orang tua di SD Telkom Makassar, (2) Untuk mengetahui gambaran motivasi belajar matematika siswa di SD Telkom Makassar, (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh partisipasi orang tua terhadap motivasi belajar matematika siswa di SD Telkom Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Telkom Makassar dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu simple random sampling pada setiap tingkatan kelas (seluruh siswa kelas 1 Telkom C, 2 Telkom C, 3 Telkom A, 4 Telkom A, 5 Telkom A, dan 6 Telkom B). Jumlah sampel sebanyak 172 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup mengenai partisipasi orang tua dan motivasi belajar matematika siswa yang terdiri masing-masing 35 butir pernyataan. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli di bidangnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 26. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebanyak 59 siswa memiliki partisipasi orang tua dengan kategori tinggi, 62 siswa memiliki partisipasi orang tua dengan kategori sedang, dan 51 siswa dengan kategori rendah. Serta siswa yang memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori tinggi sebanyak 34 siswa, kategori sedang sebanyak 123 siswa, dan kategori rendah sebanyak 15 siswa. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh partisipasi orang tua sebesar 31,2% terhadap motivasi belajar matematika siswa, dengan nilai signifikansi 0,03. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara partisipasi orang tua terhadap motivasi belajar matematika siswa di SD Telkom Makassar tahun 2020

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:16
Last Modified: 18 Jul 2023 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33062

Actions (login required)

View Item View Item