Muh. Yusuf Liza (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
Text
2. Artikel_Muh Yusuf Liza.pdf Download (411kB) |
Abstract
Muh. Yusuf Liza, 2021, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Sains terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Skirpsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M. Ed dan Dra. Hj. Amrah, S. Pd, M. Pd). Skripsi ini merupakan hasil penelitian eksperimen di bidang pendidikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang dipilih adalah two group pretest-posttest design. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis literasi sains terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe yang beranggotakan 34 orang. Sampel penelitian ditentukan secara acak kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen 17 orang dan kelompok kontrol 17 orang. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata pretest-posttest kelompok eksperimen masing-masing adalah 47 dan 75. Sedangkan nilai rata-rata pretest-posttest kelompok kontrol masing-masing adalah 37 dan 56. Hasil analisis inferesial diperoleh melalui uji independent sample t-test dengan sig (2-tailed) sebesar 0,003. Pengaruh yang diberikan kepada kelompok eksperimen dianggap memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA pada materi zat tunggal dan campuran dengan dasar bahwa apabila hasil sig (2-tailed) lebih kecil daripada 0,05 maka dianggap berpengaruh.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:11 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33060 |
Actions (login required)
View Item |