Selvia Rahman (2023) Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Text
1647042047 JURNAL SELVIA RAHMAN.pdf Download (502kB) |
Abstract
Selvia Rahman, 2020. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Hj. Nurhaedah, S.Pd., M.Hum. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Inpres Pattallassang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Lift the Flap Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Lift the Flap Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Siswa Kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode bercerita menggunakan media lift the flap book dan keterampilan menyimak cerita rakyat. Setting penelitian ini adalah SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang terdiri dari 13 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta keterampilan menyimak cerita rakyat siswa. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B). Hasil keterampilan menyimak cerita rakyat siswa pada siklus I dikategorikan belum tuntas karena hanya 14 siswa yang memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dan pada siklus II keteramilan menyimak cerita rakyat siswa berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode bercerita menggunakan media lift the flap book dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SD Inpres Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:04 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33058 |
Actions (login required)
View Item |