Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Skripsi.

Novita Puspa Dewi (2023) Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Skripsi.

[img] Text
JURNAL NOVITA PUSPA DEWI UNM.pdf

Download (351kB)

Abstract

Novita Puspa Dewi, 2021. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra.,S.Kom.,M.Pd dan Khaerunnisa,S.Pd.I,M.A) Permasalahan dalam penelititan ini ialah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V. Adapun rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimanakah gambaran penggunaan video Kata Kunci: Video Pembelajaran IPA, Hasil Belajar Siswa pembelajaran IPA di kelas V (2) Bagaimanakah gambaran hasil belajar siswa di kelas V (3) apakah terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui gambaran penggunaan video pembelajaran IPA IPA, gambaran hasil belajar siswa dan untuk mengetahui penggunaan video pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa Kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu penggunaan video pembelajaran IPA IPA dan dependen yaitu hasil belajar siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No 141 Inpers Pa’rappunganta II dengan sampel 22 siswa. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik sampling purposive. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik infrensial. Hasil hipotesis statistik inferensial kelas eksperimen adalah 0,049 < 0,05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan treatment, sehingga menunjukkan adanya pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN No 141 Inpres Pa’Rappunganta II Kec. Polut Kab. Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:44
Last Modified: 18 Jul 2023 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33055

Actions (login required)

View Item View Item