PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V/A SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

SUARNI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V/A SD INPRES SERO KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (24MB)

Abstract

Suarni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dalamMeningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V/A SD Inpres SeroKecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal M.Pd dan Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V/A SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Sehingga, penelitian ini mengkaji tentang penerapan model Pembelajaran Index Card Match dengan rumusan masalah, bagaimanakah penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V/A SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas V/A SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Index Card Match dan hasil belajar IPA. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2015/2016 dengansubjek penelitian yang terdiri dari guru kelas V/A dan siswa kelas V/A sebanyak 26 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Index Card Match meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori baik. Selain itu, dapat dilihat pula peningkatan keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Index Card Match secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas V/A SD Inpres Sero Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:56
Last Modified: 18 Jul 2023 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33052

Actions (login required)

View Item View Item