HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS MURID SDN 297 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA

INAYATULHIDAYAH (2023) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS MURID SDN 297 MATEKKO KECAMATAN GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Halaman sampul kedua inayatul.docx

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (5MB)

Abstract

Inayatulhidayah. 2017. Hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS murid SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd dan Dra. Hj. St. Murni, M.Hum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya frekuensi bimbingan belajar yang mengakibatkan hasil belajar IPS murid rendah. Rumusan masalahnya adalah apakah ada hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS murid SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar IPS murid SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah rumus product moment untuk uji hipotesis dan dilanjutkan dengan uji normalitas dengan menggunakan aplikasi perhitungan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, jika nilai dari rxy lebih besar atau sama dengan nilai r-hitung maka hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS ditolak. Dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar diterima. Hasil perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa harga signifikan hitung lebih besar dari signifikan standar data yang berdistribusi normal dan berada di bawah harga mutlak sehingga data atau residual antara bimbingan belajar dengan hasil belajar IPS sudah normal. Hal ini berarti terdapat hubungan antara bimbingan belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran IPS. Dengan demikian, ada hubungan positif antara bimbingan belajar dengan peningkatan hasil belajar IPS pada murid SDN 297 Matekko Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:09
Last Modified: 18 Jul 2023 02:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33045

Actions (login required)

View Item View Item