Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Bayang Kota Makassar Kecamatan Tamalate

Dewi Sinta Tandi (2023) Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Bayang Kota Makassar Kecamatan Tamalate.

[img] Text
ARTIKEL_1747042026_DEWI SINTA TANDI.pdf

Download (850kB)

Abstract

Dewi Sinta Tandi, 2021, Pengaruh Pendampingan Orang Tua dan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Bayang Kota Makassar Kecamatan Tamalate. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Hj. Syamsiah D dan Pembimbing II H. Patta Bundu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian noneksperimen, bentuk Ex-Post Facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa. (2) Gambaran motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dalam proses pembelajaran daring. (3) Prestasi belajar matematika dalam proses pembelajaran daring. (4) Ada atau tidaknya pengaruh pendampingan orang tua dalam proses pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendampingan orang tua dan motivasi belajar sedangkan variabel terikatny adalah prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SDN Bayang, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV dan V yang berjumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendampingan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial uji hipotesis P=0,000 lebih kecil dari α=0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh terdapat pengaruh pendampingan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SDN Bayang Kota Makassar Kecamatan Tamalate.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:30
Last Modified: 17 Jul 2023 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33040

Actions (login required)

View Item View Item