Hubungan Pola Asuh Orangtua Pada Masa Pandemi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas Tinggi SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

Lutfiah Muchtar (2023) Hubungan Pola Asuh Orangtua Pada Masa Pandemi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas Tinggi SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

[img] Text
Lutfiah Muchtar_1747042070_UNM.pdf

Download (627kB)

Abstract

Lutfiah Muchtar, 2021, Hubungan Pola Asuh Orangtua Pada Masa Pandemi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas Tinggi SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi ini dibimbing oleh pembimbing I yaitu Dr. Suarlin, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Abdul Rahman, S.Pd., M.Ed., Ph.D. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua pada masa pandemi dengan hasil belajar PKn siswa kelas tinggi SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orangtua, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD Negeri 91 Soreang Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar sebanyak 5 kelas yaitu 106 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan menggunakan rumus solvin dengan sampelnya berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi serta mengambil nilai rapor dari masing-masing guru kelas. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil statistik deskriptif untuk gambaran pola asuh orang tua yaitu demokratis sebesar 28,84%, permisif sebesar 27,12% dan otoriter sebesar 28,34% serta pola asuh orang tua keseluruhan yaitu sebesar 84,30% sedangkan hasil belajar siswa sebesar 53,9% dengan data masing-masing berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Kendall’s Tau yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa dengan tingkatkoefisien kategori sedang yaitu 0,466 atau 46%

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:23
Last Modified: 17 Jul 2023 07:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33039

Actions (login required)

View Item View Item