Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas II SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Nurhafsah (2023) Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas II SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
1747042033_NURHAFSAH_NASKAH.pdf

Download (11MB)

Abstract

Nurhafsah, 2021, Pengaruh Media Powtoon terhadap Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas II SD Negeri Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Pembimbing I Dra. Hj. Syamsiah D,S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Hj. Rosdiah Salam,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada penggunaan media powtoon terhadap kemampuan menyimak peserta didik kelas II SDN Bayang Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran penggunaan media powtoon peserta didik kelas II (2) gambaran hasil kemampuan menyimak menggunakan powtoon peserta didik kelas II (3) ada tidaknya pengaruh media powtoon terhadap kemampuan menyimak peserta didik kelas II. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media powtoon sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menyimak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri Bayang berjumlah 2 kelas sebanyak 53 peserta didik, sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas II A yang berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen, kemudian kelas II B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, tes uraian yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretest dan posttest dan dokumentasi berupa perangkat pembelajaran dan dokumen penelitian. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan menyimak peserta didik kelas eksperimen meningkat setelah diberikan media powtoon dibuktikan dengan rata-rata hasil tes kemampuan menyimak meningkat setelah diberikan perlakuan media powtoon. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai Thitung > Ttabel atau Sig ≤ α. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan media Powtoon terhadap kemampuan menyimak peserta didik kelas II SDN Bayang kecamatan Tamalate kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:55
Last Modified: 17 Jul 2023 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33037

Actions (login required)

View Item View Item