Pengaruh Penggunaan Role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kls IV SDN 94 Karampuang Kecematan Bontoramba Kabupaten Jeneponto

SAMSUDDIN (2023) Pengaruh Penggunaan Role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kls IV SDN 94 Karampuang Kecematan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

[img] Text
JURNAL SAMSUDDIN 1647040027.docx

Download (77kB)

Abstract

SAMSUDDIN, 2021. Pengaruh Penggunaan Role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kls IV SDN 94 Karampuang Kecematan Bontoramba Kabupaten Jeneponto . Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dra. Hj. Rosdiah Salam, M.Pd dan Muhammad Irfan,S.Pd, M.Pd). Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran Penggunaan Role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kls IV SDN 94 Karampuang Kecematan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, (2) Gambaran kemampuan Berbicara pada siswa IV SDN 94 Karampuang Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, (3) Pengaruh Role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kls IV SDN 94 Karampuang Kecematan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan Role Playing, variabel terikatnya adalah keterampilan Berbicara. Pemilihan sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik non probability sampling jenuh, Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian tes pada ranah kognitif kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji Paired sample T-test. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan role playing dikatakan efektif. Hal ini terlihat tahapan proses pembelajaran yang di amati pada setiap pertemuan melalui kegiatan siswa maupun guru yang membuat proses pembelajaran berlangsung secara efektif. (2) Gambaran keterampilan berbicara siswa, perolehan hasil pretest kelas eksperimen masuk dalam kategori kurang dan kelas kontrol masuk dalam kategori sangat kurang, sedangkan hasil posttest kelompok eksperimen masuk dalam kategori sangat memuaskan dan posttest kelas kontrol masuk dalam ketegori kurang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 94 Karampuang Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. (3) Terdapat pengaruh pada model pembelajaran role playing terhadap hasil keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 94 Karamapuang kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:42
Last Modified: 17 Jul 2023 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33033

Actions (login required)

View Item View Item