Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Wahida (2023) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

[img] Text
ARTIKEL_WAHIDA_UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.pdf

Download (757kB)

Abstract

Wahida, 2021. Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Patta Bundu dan Amrah). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemberian reward pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian true eksperimen dengan desain penelitian bentuk Pretest-Postest Control Group Desaign, dengan tahap pre nontest, treatment, dan post nontest. Variabel penelitian terdiri atas dua yaitu variabel bebas mencakup pemberian reward dan variabel terikat mencakup motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 18 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 18 orang dengan teknik sampel yaitu Simple Random Sampling, data hasil penelitian diperoleh melalui angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar, serta adanya perbedaan yang signifikan pada nilai probabilitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan pemberian reward diberikan sangat efektif, adapun bentuk reward yang diberikan yaitu reward verbal berupa: kata hebat, bagus sekali, tepat sekali, tetap pertahankan. Sedangkan reward Nonverbal yang diberikan yaitu: tepuk tangan, menepuk bahu peserta didik, memberikan jempol, dan tanda bintang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:29
Last Modified: 17 Jul 2023 06:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33031

Actions (login required)

View Item View Item