Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar

Nur Isma (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH NUR ISMA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Nur Isma, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Hamzah Pagarra,S.Kom., M.Pd. dan Hikmawati Usman S.Pd., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kepercayaan diri siswa. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS, (2) bagaimanakah gambaran kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas V, (3) apakah tedapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS (2) untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas V (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah siswa 17 orang. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data pada penlitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar berada pada kategori sangat efektif, (2) Kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran IPS kelas V sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan, (3) Pengujian hipotesis menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kepercayaan diri pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN No. 130 Inpres Bontomarannu Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:22
Last Modified: 17 Jul 2023 06:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item