Hasmidar (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Turnaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MIS Guppi Buntu Katarrung Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.
Text
JURNAL HASMIDAR-1647040036-FIP UNM.pdf Download (339kB) |
Abstract
Hasmidar, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Turnaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV MIS Guppi Buntu Katarrung Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh bapak Drs Lutfi B.,M.Kes. dan bapak Sayidiman,S.Pd.,M.Pd. program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun rumusan masalahya dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPS kelas IV MIS GUPPI Buntu Katarrung Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Guppi Buntu Katarrug Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang.Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Team Games Tournament (TGT),Aktivitas mengajar guru,hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIS GUPPI Buntu Katarrung Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 9 laki-laki dan 7 perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada dalam kategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa berada dalam kategori cukup dan hasil belajar siswa berada dalam kategori belum tuntas. Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru berada dalam kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa berada dalam kategori baik dan hasil belajar siswa berada dalam kategori tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MIS GUPPI Buntu Katarrung Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33027 |
Actions (login required)
View Item |