Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara

Ceyzia Palullu (2023) Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara.

[img] Text
JURNAL ARTIKEL.pdf

Download (389kB)

Abstract

Ceyzia Palullu, 2020. Penerapan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ICP Bilingual, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Pembimbing I Dr. Rohana, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Nurfaizah AP. M.Hum). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penerapan media video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Media video adalah media yang termasuk audio-visual yang dapat menampilkan gambar dan suara secara bersamaan. Keunggulan media video yang bisa menampilakn gambar beserta dengan suara membuat media video banyak digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Melalui media pembelajaran video akan membantu siswa untuk mengerti materi mata pelajaran secara lebih konkret. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri 12 perempuan dan 10 laki-laki. Data aktifitas guru dan aktifitas siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket minat belajar IPA siswa. Hasil minat belajar IPA pada siklus I pertemuan 1 dan 2 belum berhasil tetapi pada siklus II pertemuan 1 dan 2 mengalami peningkatan dan dikategorikan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Tondon Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:01
Last Modified: 17 Jul 2023 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33023

Actions (login required)

View Item View Item