Muh. Ukbatul Fiqra (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.
Text
Jurnal.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap hasil keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran time token, sedangkan variabel terikatya adalah hasil keterampilan menulis karangan eksposisi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2020-2021 sebanyak 23 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument penelitian berupa lembar observasi, tes hasil keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis yaitu Independent Sample T-Test dengan bantuan perhitungan SPSS 23.0. hasil pengukuran hasil keterampilan berbicara siswa membandingkan hasil pretest dan posttest dengan menerapkan model pembelajaran time token menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran time token memiliki pengaaruh yang signifikan terhaadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33016 |
Actions (login required)
View Item |