Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 11 Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Skripsi

Tanty Ramadhanty (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 11 Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Skripsi.

[img] Text
Artikel Jurnal Internasional.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran Take and Give terhadap motivasi belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 11 Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Adapun variabel bebas dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Take and Give dan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 11 Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto pada tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 39 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Simple Random sampling hingga terdapat sampel sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket motivasi belajar siswa, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada pengujian hipotesis adalah Paired Sample Ttest dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 22. Hasil pengukuran motivasi belajar siswa diperoleh dari membandingkan hasil pre test dan post test yang menerapkan model pembelajaran Take and Give menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Take and Give memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:31
Last Modified: 17 Jul 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33014

Actions (login required)

View Item View Item