Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 167 Buntu Dama Kabupaten Enrekang

Deddy zofyan zainal (2023) Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN 167 Buntu Dama Kabupaten Enrekang.

[img] Text
ARTIKEL PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BER.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara yang diajarkan metode sosidrama dengan model pembelajaran konvensional siswa SDN 167 Buntu Dama kecamatan Baroko kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 167 Buntu Dama. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan system Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penggunaan metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dapat dikategorikan efektif (baik), Keterampilan berbicara siswa pada kelompok eksperimen berada pada kategori baik, sedangkan keterampilan berbicara siswa pada kelompok control berada pada kategori cukup.Hal ini dibuktikan denganuji-t independent sample t-test yaitu diperoleh bahwa nilai thitung>ttabel(2.965 > 2.017) dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas V SDN 167 Buntu Dama.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:18
Last Modified: 17 Jul 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33012

Actions (login required)

View Item View Item