Diah Rezky Amaliah Rahman

Diah Rezky Amaliah Rahman (2023) Diah Rezky Amaliah Rahman.

[img] Text
JURNAL BAHASA INGGRIS DIAH PGSD 16.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana gambaran lingkungan sekolah SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang. (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa di SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang. (3) Apakah terdapat hubungan lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 yang berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner angket dan dokumentasi. Menggunakan kuesioner tertutup mengenai lingkungan sekolah dan minat belajar siswa yang terdiri dari masing-masing 30 butir pertanyaan. Instrument penelitian divalidasi oleh ahli di bidangnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 22. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Gambaran lingkungan sekolah di SDN 62 Baturampun bersifat sedang, hal tersebut terlihat berdasarkan tabel kecenderungan skor lingkungan sekolah yang menunjukkan bahwa sebanyak 8 siswa memiliki lingkungan sekolah dengan kategori tinggi, 37 siswa memiliki kategori sedang, dan 5 siswa dengan kategori rendah. (2) Gambaran minat belajar siswa di SDN 62 Baturampun bersifat sedang, hal tersebut terlihat berdasarkan tabel kecenderungan skor minat belajar yang menunjukkan bahwa siswa dengan kategori tinggi sebanyak 8 siswa, 31 siswa memiliki minat belajar dengan kategori sedang, dan sebanyak 11 siswa memiliki minat belajar dengan kategori rendah. (3) Terdapat hubungan positif antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa di SDN 62 Baturampun Kabupaten Enrekang. Hal ini disebabkan karena lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa memberikan hubungan R 2 sebesar 26,6% atau 0,266% dengan thitung = 4,171 dan nilai signifikansi 0,00 < 0,05.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:11
Last Modified: 17 Jul 2023 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33009

Actions (login required)

View Item View Item