PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SDN 60 MONCONGLOE LAPPAR KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS

ISLAMIATI (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VA SDN 60 MONCONGLOE LAPPAR KECAMATAN MONCONGLOE KABUPATEN MAROS.

[img] Text
1. Sampul DEPAN.docx

Download (32kB)
[img] Text
2. Daftar isi Skripsi.docx

Download (282kB)
[img] Text
3. Isi BAB I - BAB V.docx

Download (110kB)
[img] Text
4. Lampiran.docx

Download (6MB)

Abstract

Islamiati. 2017. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VA SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Skripsi. Dibimbing oleh: Drs. Latri Aras, S.Pd.,M.Pd dan Dra. Hj Rosdiah Salam.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V A SDN 60 Moncongloe Lappara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di kelas V A SDN 60 Moncongloe Lappara?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V A. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk siklus dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V A sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 13 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2016/2017 semester ganjil dengan mata pelajaran IPA. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data digunakan analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I menunjukkan kategori cukup dan pada siklus II menigkat menjadi kategori baik. Adapun aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dari 30 orang siswa yang tuntas hanya 18 orang pada siklus I, menjadi 28 orang yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V A SDN 60 Moncongloe Lappara Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:49
Last Modified: 17 Jul 2023 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33006

Actions (login required)

View Item View Item