MUH. NASRILLAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V.C SD INPRES TANGKALA II KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR.
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (24kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.docx Download (28kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (1MB) |
Abstract
MUH. NASRILLAH, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V.C SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh pembimbing I Drs. Lutfi B M.Kes dan pembimbing II Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V.C SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V.C SD Inpres Tangkala II kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V.C SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Setting penelitian ini yaitu kelas V.C SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V.C SD Inpres Tangkala II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 42 yang terdiri dari 17 laki-laki dan 25 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis aktivitas guru siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis aktivitas siswa siklus I berada pada kategori kurang dan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I berada pada kategori cukup dan siklus II berada pada kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V.C SD Inpres Tangkala II kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:16 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33002 |
Actions (login required)
View Item |