Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Fevi, Wulandari (2015) Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
FEVI WULANDARI.docx

Download (12kB)

ABSTRAK FEVI WULANDARI, 2015.Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Dibimbing olehA. Octamaya Tenri Awaru dan M. Ridwan Said AhmadProgram Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Penelitian ini bertujuan1)Untuk mengetahui bagaimana kesadaran diri pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar 2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar pada mahasiswa program studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar 3) Untuk mengetahui dampak kesadaran diri terhadap motivasi belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan informan menggunakan purposive sampling. Kriteria mahasiswa yang memiliki relasi di kampus pendidikan sosiologi angkatan 2011-2014, mahasiswa yang tidak memiliki relasi mewakili setiap angkatan, informan sebanyak 10 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verivikasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesadaran diri mahasiswa pendidikan sosiologiberada pada kesadaran diri normal di mana membuat dan mengambil tindakan yang bertanggungjawab di mana statusnya sebagai mahasiswa mau menyelesaikan studi secepatnya sesuai target dan kesadaran diri sangat memberikan dampak positif bagi mahasiswa karena mahasiswa cenderung melakukan tugas dengan penuh kedisiplinan dan rasa tanggungjawab, 2) motivasi belajar mahasiswa sadar akan pentingnya pendidikan dan selain ingin menambah ilmu pengetahuan ini di pengaruhi oleh faktor dari dalam individu, di tambah dengan faktor dari luar juga kerap membantu seperti halnya dorongan orang tua sangat berpengaruh dalam membantu mahasiswa untuk menunjang pembelajaran dengan memberikan semangat motivasi belajar untuk menyelesaikan pendidikannya, 3) Dampak kesadaran diri terhadap motivasi belajar dengan adanya kesadaran diri yang melahirkan rasa tanggungjawab akan penyelesaian studi secepatnya sesuai target dan kesadaran akan pentingnya pendidikan serta dorongan dari orang tualah menjadi faktor yang sangat berpengaruh karena memberikan dorongan dan motivasi lebih kepada mahasiswa untuk lebih giat belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:13
Last Modified: 26 Apr 2016 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/330

Actions (login required)

View Item View Item