Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.

Titin Nurfadilah, 2020 (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.

[img] Text
Artikel TITIN NURFADILAH.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu; (2) Mengetahui gambaran hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model teams games tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu ; (3) Mengetahui ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team ames Tournament (TGT) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Jumlah populasi adalah 60 dan sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswa yang di pilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dikumpulkan dari pemberian pretest, treatment, dan posttest kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan sistem Statistical Pachage For Sosial Science (SPSS) versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model Team Games Tournament pada kelas eksperimen berlangsung secara efektif, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap hasil belajar ips siswa kelas V SDN 60 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:53
Last Modified: 17 Jul 2023 01:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32999

Actions (login required)

View Item View Item