PENGARUHPENGGUNAAN LAMPION SEBAGAI MEDIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS MURID SDN 191 INPRES BATUNAPARA KABUPATEN MAROS

Rohani, Rohani (2017) PENGARUHPENGGUNAAN LAMPION SEBAGAI MEDIA TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS MURID SDN 191 INPRES BATUNAPARA KABUPATEN MAROS. Masters thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKELq.docx

Download (59kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas murid dalam belajar masih kurang, murid cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar murid sehingga perlu adanya media dan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan partisipasi dan membangkitkan semangat murid dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPS. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan lampion sebagai media pembelajaran terhadap hasil pembelajaran IPS di SDN 191 Inpres Batunapara Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lampion sebagai media pembelajaran terhadap hasi belajar IPS murid kelas V SDN 191 Inpres Batunapara Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah eksperimen (true-eksperiment design).Populasi dalam penelitian ini adalah murid Kelas VSD Negeri 191 Inpres Batunapara Kabupaten Maros tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 50 murid.Sampel penelitian 50 murid dimana kelompok ekperimen sebanyak 25 murid dan kelompok kontrol sebanyak 25 murid yang diambil dengan menggunakan simple random sampling.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas murid serta tes hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lampion sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan di setiap pertemuan baik dari segi keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar murid maupun hasil belajar murid. (ii) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran IPS menggunakan lampion sebagai media pembelajaran dan tanpa menggunakan lampion sebagai media pembelajaran murid SDN 191 Inpres Batunapara Kabupaten Maros, (iii) Penggunaan lampion sebagai media pembelajaran mempengaruhi hasil pembelajaran IPS murid kelas V SDN 191 Inpres Batunapara Kab. Maros. Kata kunci: lampion, media, hasil pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:16
Last Modified: 20 Oct 2017 06:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3299

Actions (login required)

View Item View Item