sintesis bioplastik oleh bakteri amilolitik lokal asal sulawesi tenggara menggunakan substrat pati sagu dan karakteristik biodegrasinya

Nur Arfa Yanti, - and Nurhayani H. Muhiddin, - sintesis bioplastik oleh bakteri amilolitik lokal asal sulawesi tenggara menggunakan substrat pati sagu dan karakteristik biodegrasinya. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (LAPORAN A KHIR PENELITIAN FUNDAMENTAL)
57.pdf

Download (518kB)

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah menghasilkanbioplastik terdegradasi berbasis pati sagu yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti plastik sintetikdan menghasilkan publikasi pada jurnal nasional/internasional. Tujuan khusus yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah informasi ilmiah mengenai mekanisme sintesis dan karakteristik degradasi bioplastik PHB dari pati sagu oleh bakteri amilolitik yang dapatdigunakan sebagai modal dasar untuk mengembangkan bioplastik tersebut. PadaTahunIIdifokuskanpadakajian mengenaikarakteristikdegradasi (biodegradability characteristic)bioplastik PHB yang disintesis oleh bakteri amilolitik lokalasal Sulawesi Tenggara dan kecepatan degradasinya di alam. Luaran pada Tahun II ini berupa informasi dasar yang mengungkap karakteristik bioplastik PHB yang dihasilkan oleh bakteri amilolitik lokal sebagai bahan yang mudah didegradasi dan publikasi pada jurnal internasional. Pengambilan data pada tahun II meliputipembuatan film polimer PHB,uji degradasi polimer PHB di alam dan uji degradasi polimer PHB secara enzimatik.Pembuatan lapisan film bioplastik PHB dilakukan dengan mengekstraksi polimer PHB menggunakan campuran larutan kloroform dan H2O2. Uji degradasi polimer PHB di alam dilakukan untuk mengetahui laju biodegradasi PHB secara alami dengan metode penimbunan dalam tanah (soil burial test) sedangkan uji degradasi polimer PHB secara enzimatik dilakukanuntuk mengetahui laju biodegradasi PHBoleh enzimdengan menggunakan enzim PHB depolimerasedan enzim lipase. Pada penelitian ini juga dilakukanPengamatan morfologi film PHBsebelum dan sesudah didegradasi denganmenggunakanSEM(Scanning ElectronMicroscopy).

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:52
Last Modified: 15 Jul 2023 15:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32973

Actions (login required)

View Item View Item