Pengembangan Inokulum Kultur Campuran Mikroorganisme Lokal dari “Wikau Maombo” untuk Pengayaan Nutrisi Umbi Ubi Kayu Melalui Teknik Fermentasi Substrat Padat

Nurhayani H. Muhiddin, - and Indrwati, - Pengembangan Inokulum Kultur Campuran Mikroorganisme Lokal dari “Wikau Maombo” untuk Pengayaan Nutrisi Umbi Ubi Kayu Melalui Teknik Fermentasi Substrat Padat. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (LAPORAN HASIL PENELITIAN HIBAH BERSAING)
55.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan pada Tahun I diperoleh 5 isolat kapang dan 18 isolat bakteri asam laktat (BAL) dari “Wikau Maombo” yang terfermentasi secara tradisional. Tiga isolat kapang menunjukkan karakter kapang Rhizopus dan satu diantaranya yaitu isolat FT3.4 memperlihatkan aktivitas amilolitik tertinggi yang akan dikembangkan untuk formulasi inokulum campuran. Ada empat isolat BAL yang memperlihatkan aktivitas amilolitik dan terpilih isolat bakteri C untuk dikembangkan menjadi inokulum campuran. Kandungan protein umbi ubi kayu yang tertinggi dihasilkan pada perlakuan inokulum campuran 50 % Rhizopus sp. dan 50 % BAL yaitu 13,41%. Formulasi campuran inokulum mikroorganisme inilah yang terpilih untuk dikembangkan sebagai serbuk inokulum pada penelitian tahun kedua. Penelitian Tahun II ditujukan pada pengembangan inokulum campuran mikroorganisme lokal dalam bentuk serbuk siap pakai yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri untuk produksi makanan fermentasi berbahan dasar umbi ubi kayu mentah. Tujuan khusus penelitian adalah: 1) Mendapatkan produk serbuk inokulum campuran kapang Rhizopus sp. dan bakteri asam laktat (BAL) dengan viabilitas mikroba terbaik, 2) Mengetahui pengaruh berbagai variasi konsentrasi inokulum serbuk campuran kapang Rhizopus sp. dan BAL dengan variasi lama fermentasi terhadap kandungan protein, pati, glukosa, asam laktat dan HCN umbi ubi kayu setelah fermentasi, 3) Mengetahui kualitas kimia, fisik, dan biologi dari produk inokulum serbuk kultur campuran kapang Rhizopus sp. dan BAL dan produk fermentasi umbi ubi kayu dengan kandungan protein tertinggi. Penelitian bersifat eksploratif menggunakan metode eksperimental dengan teknik fermentasi substrat padat. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program Software SAS (Statistical Analysis System).

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:44
Last Modified: 15 Jul 2023 15:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32971

Actions (login required)

View Item View Item