Pengembangan Inokulum Kultur Campuran Mikroorganisme Lokal dari “Wikau Maombo” untuk Pengayaan Nutrisi Umbi Ubi Kayu Melalui Teknik Fermentasi Substrat Padat

Nurhayani H. Muhiddin, - and Asmawati Munir, - Pengembangan Inokulum Kultur Campuran Mikroorganisme Lokal dari “Wikau Maombo” untuk Pengayaan Nutrisi Umbi Ubi Kayu Melalui Teknik Fermentasi Substrat Padat. Universitas Negeri Makassar, Surat Kontrak Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor : 063-3/PPK/UHO/UHO/IV/2014, Tanggal 1 April 2014.

[img] Text (LAPORAN TAHUNAN PENELITIAN HIBAH BERSAING)
54.pdf

Download (16MB)

Abstract

Salah satu makanan khas Provinsi Sulawesi Tenggara berbasis ubi kayu terfermentasi adalah “Wikau Maombo”. Penelitian yang pernah dilakukan pada “Wikau Maombo” menunjukkan bahwa mikroorganisme yang terlibat selama proses fermentasi terdiri dari kelompok bakteri, kapang, dan khamir (Hasirun, 2005; Indradewi, dkk, 2007; Nurhayani, 2010). Hasil penelitian pengembangan teknologi fermentasi “Wikau Maombo” dengan inokulum kultur murni mikroorganisme tunggal menunjukkan bahwa rata-rata kadar HCN produk “Wikau Maombo” hasil fermentasi isolat bakteri, kapang dan khamir cenderung mengalami penurunan dibandingkan dengan “Wikau Maombo” hasil fermentasi tradisional, namun kadar protein tidak berbeda nyata (Nurhayani, 2010). Oleh karena itu, masalah penelitian adalah bagaimana mendapatkan formula inokulum dari kultur campuran mikroorganisme lokal yang optimal meningkatkan kandungan nutrisi umbi ubi kayu.

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:39
Last Modified: 15 Jul 2023 15:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32970

Actions (login required)

View Item View Item