Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Sains Kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng

Nurul Magfira K, - and Nurhayani H. Muhiddin, - and Ramlawati, - Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Terhadap Peningkatan Kompetensi Literasi Sains Kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA III “Inovasi Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka”. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text (Prosiding)
51.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui: 1) peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur, 2) peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng sebanyak 9 kelas dengan jumlah 309 peserta didik. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 peserta didik dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi literasi sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terstruktur pada materi cahaya dan alat optik di SMP Negeri 01 Bajeng mengalami peningkatan dengan skor rata-rata N-gain 0,54 berada pada kategori sedang. 2) kompetensi literasi sains peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi cahaya dan alat optik di SMP Negeri 01 Bajeng mengalami peningkatan dengan skor rata-rata N-gain 0,40 berada pada kategori sedang. 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap peningkatan kompetensi literasi sains peserta didik kelas VIII SMP Negeri 01 Bajeng.

Item Type: Book Section
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:26
Last Modified: 15 Jul 2023 15:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32967

Actions (login required)

View Item View Item