PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 13 MAKASSAR

Asri Ainun Surya, - and Nurhayani H. Muhiddin, - and Muhammad Aqil Rusli, - PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 13 MAKASSAR. Universitas Negeri Makassar, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA III “Inovasi Pembelajaran IPA pada Kurikulum Merdeka”.

[img] Text (Prosiding)
50.pdf

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat skor hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM. (2) Peningkatan skor hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar yang diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM. (3) Adanya peningkatan skor hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Makassar setelah diajar dengan Pendekatan STEM. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain penelitian One Group PretestPosttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMPN 13 Makassar, sampel dipilih dengan teknik class random sampling dan terpilih kelas VIII.J yang berjumlah 34 peserta didik sebagai sampel. Instrumen penelitian tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 item soal yang telah divalidasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata skor hasil belajar peserta didik di SMPN 13 Makassar sebelum dan setelah diajar dengan menggunakan Pendekatan STEM pada materi pokok cahaya dan alat optik yaitu : 1) rata-rata skor hasil belajar pretest 10,97 pada kategori rendah sedangkan posttest 14,65 pada kategori sedang. 2) rata-rata skor N-Gain hasil belajar 0,45 berada pada kategori sedang. 3) Hasil Inferensial hasil belajar diporoleh uji-t (uji hipotesis) thitung = 14,24 > ttabel = 2,03453. Hal ini berarti 퐻0 ditolak dan 퐻1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN

Item Type: Book
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:23
Last Modified: 15 Jul 2023 15:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32966

Actions (login required)

View Item View Item