Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan)

Ayu Arianti Basri, - and Nurhayani H. Muhiddin, - and Noor Fauziatul, - Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa (Studi pada Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada Tumbuhan). Universitas Negeri Makassar, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA II “Optimalisasi Literasi Digital melalui Pendekatan STEM”.

[img] Text (Prosiding)
47.pdf

Download (687kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan model quantum learning di SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, 2) tingkat hasil belajar peserta didik kelas VIII yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, dan 3) Ada tidak pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini, seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa terdiri dari 12 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 379 orang. Pemilihan sampel secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen VIII G sebanyak 21 orang dan kelas kontrol VIII D sebanyak 20 orang. Hasil analisis deskriptif tingkat hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rerata pada kelas eksperimen 67,6 kategori cukup dan kelas kontrol 42,2 tergolong kategori kurang. Berdasarkan hasil analisis inferensial uji-t hasil belajar diperoleh thitung = 23,745 > ttabel= 1,685, pada taraf signifikan (α)= 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, H1 diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan.

Item Type: Book
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 15:05
Last Modified: 15 Jul 2023 15:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32963

Actions (login required)

View Item View Item