Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar

Uswatun Nisa, - and Sukmawati, - and Syamsidar, - and Indah Sari, - and Auliah, - and Nurhayani H. Muhiddin, - Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Lepa-lepa Open https: //ojs.unm.ac.id/JLLO/index Volume 1 Nomor1,2021 p-ISSN e-ISSN.

[img] Text (jurnal)
31.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu program studi yang beberapa proses pembelajarannya mengkombinasikan antara proses pembelajaran di kelas dan praktikum di laboratorium. Laboratorium Pendidikan IPA sudah dikelola dengan baik, namun dirasa sangat perlu untuk melakukan optimaliasasi terhadap pengelolaan laboratorium IPA. Untuk itulah penulis melakukan pengabdian melalui kegiatan KKN-DRDK yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA UNM dengan tujuan untuk membenahi berbagai hal yang dianggap perlu seperti database alat dan bahan praktikum, kode alat dan bahan praktikum, arsip panduan dan nilai praktikum, alat yang sudah tidak layak pakai dan alat peraga IPA. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pula nantinya akan meningkatkan kinerja pengelolaan laboratorium yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pemeliharaan, dan pengawasan serta meningkatkan penggunaan laboratorium dalam proses pembelajaran. Program pengabdian yang dilakukan ini beupa kegiatan optimalisasi pengelolaan laboratorium (laboratory management) untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan penggunaan laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar. Metode yang digunakan meliputi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi pelaksanaan. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini adalah. berupa terlaksananya pembenahan berbagai hal yang dianggap perlu seperti database alat dan bahan praktikum, kode alat dan bahan praktikum, arsip panduan dan nilai praktikum, alat yang sudah tidak layak pakai dan alat peraga IPA.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 13:05
Last Modified: 15 Jul 2023 13:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32946

Actions (login required)

View Item View Item