PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 MAKASSAR PADA MATERI LISTRIK STATIS

A. Husnawati Taufiq, - and Nurhayani H. Muhiddin, - and Sitti Rahma Yunus, - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 MAKASSAR PADA MATERI LISTRIK STATIS. JURNAL IPA TERPADU, 2 (1). pp. 1-6. ISSN p-ISSN : 2597-8977 e-ISSN : 2597-8985

[img] Text
29.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Tingkat hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (2) Hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis dengan menggunakan model pembelajran langsung. (3) Ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis. Instrumen untuk mendapatkan data hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor, diberikan di akhir penelitian. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar, data yang diperoleh dilakukan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk kedua kelas. Hasil analisis data deskriptif diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 82,41 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 76,30 masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dimana nilai thitung = 2,93 > ttabel = 1,3 yang artinya ada pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 12:56
Last Modified: 15 Jul 2023 12:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32944

Actions (login required)

View Item View Item