PENGARUH STRATEGI BELAJAR MNEMONICS RHYTHM AND RHYME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Khamsiah Mawar Fatmah, - and Ratnawaty Mamin, - and Nurhayani H. Muhiddin, - PENGARUH STRATEGI BELAJAR MNEMONICS RHYTHM AND RHYME TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JURNAL IPA TERPADU, JIT 4 (2) (2021) 30-42. ISSN p-ISSN : 2597-8977 e-ISSN : 2597-8985

[img] Text (Journal)
17.pdf

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan motivasi belajar peserta didik UPT SMP Negeri 1 Mattiro Bulu Pinrang yang diajar menggunakan strategi mnemonics rhythm and rhyme. (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Pinrang yang diajar menggunakan strategi mnemonics rhythm and rhyme. (3) Pengaruh strategi mnemonics rhythm and rhyme terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik di UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental, pengambilan sampel purposive sampling dengan beberapa pertimbangan dan didapatkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Hasil analisis deskriptif peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,56 berada pada kategori sedang, dan untuk kelas kontrol rata-rata skor N-Gain 0,24 berada pada kategori rendah, sedangkan untuk hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor N-Gain 0,64 kategori sedang dan rata-rata skor N-Gain pada kelas kontrol adalah 0,33 kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi mnemonics rhythm and rhyme terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik UPT SMPN 1 Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang pada materi klasifikasi materi dan perubahannya.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 12:05
Last Modified: 15 Jul 2023 12:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32932

Actions (login required)

View Item View Item