PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Nihe, Jenny Ana (2017) PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Pengaruh TSM Terhadap KBS.docx

Download (45kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh teknik self management terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 4 tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Sebanyak 10 orang siswa dipilih sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic non parametic dengan uji Wilcoxon. Hasil analisa data pre test posttest dengan uji Wilcoxon, dapat diperoleh p = 0,005 yang ternyata lebih kecil α sebesar 5 % = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan skor kemandirian belajar siswa dapat dikatakan signifikan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik self management dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Dari hasil analisa data dapat diketahui ada perubahan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang menggunakan teknik self management dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh teknik self management dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SMK Negeri 1 Makassar. Kata-kata kunci: Self management, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2017 05:56
Last Modified: 20 Oct 2017 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item