Pemanfaatan Limbah Cair Sagu untuk Memproduksi Selulosa Bakteri (Utilization of Sago Liquid Waste for Bacterial Cellulose Production)

Sitti Wirdhana Ahmad, - and Nurhayani H. Muhiddin, - and Nur Arfa Yanti, - Pemanfaatan Limbah Cair Sagu untuk Memproduksi Selulosa Bakteri (Utilization of Sago Liquid Waste for Bacterial Cellulose Production). Jurnal Biologi Indonesia 15(1): 33-39 (2019).

[img] Text (Journal)
11.pdf

Download (713kB)

Abstract

Selulosa bakteri adalah eksopolisakarida yang diproduksi oleh bakteri dan mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi dibandingkan selulosa tumbuhan serta memiliki karakteristik struktural dan mekanik yang unik sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri seperti makanan, medis, plastik dan kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi limbah cair sagu sebagai substrat untuk memproduksi selulosa dan konsentrasi gula pasir yang dibutuhkan dalam memproduksi selulosa bakteri dari limbah cair sagu. Produksi selulosa bakteri dari limbah cair sagu dilakukan dengan kondisi statis (diam) selama 14 hari dengan perlakuan konsentrasi gula 5,10,15 dan 20% (b/v) menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Parameter yang diukur meliputi ketebalan, rendemen, kadar serat kasar dan kadar air. Produksi selulosa bakteri menggunakan limbah cair sagu membutuhkan penambahan gula pasir sebanyak 10% (b/v) dengan ketebalan 21,73 mm, rendemen 34,97%, serat kasar 4,5% dan kadar air 91,35%. Dengan demikian, limbah cair sagu berpotensi digunakan sebagai substrat untuk memproduksi selulosa bakteri.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 15 Jul 2023 11:40
Last Modified: 15 Jul 2023 11:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32926

Actions (login required)

View Item View Item