Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Melati Puspa Utari (2023) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

[img] Text
ARTIKEL Melati Puspa Utari(1).pdf

Download (577kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dengan menerapkan model Inside Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran PPKn siswa kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) dan Hasil Belajar PPKn. Setting penelitian ini adalah UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar, dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,tes dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil peningkatan belajar siswa dengan menerapkan model Inside Outside Circle (IOC) pada siklus I dikategorikan belum tuntas karena hanya 11 siswa yang memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dalam pembelajaran PPKn dan pada siklus II Peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model Inside Outside Circle (IOC) berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circl (IOC) vi dapat meningkatkan pada hasil belajar siswa kelas III UPT SDN No 178 Inpres Lamangkia Desa TopeJawa Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:16
Last Modified: 14 Jul 2023 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32911

Actions (login required)

View Item View Item