PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IVSDN No. 257 BUTTALIMBUA’ KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO

FAJAR ARFA RAHIM SILA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IVSDN No. 257 BUTTALIMBUA’ KECAMATAN BANGKALA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
Sampul ujian tutup.docx

Download (72kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (113kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Fajar Arfa Rahim Sila. 2015. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Murid Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) di Kelas IV SDN No. 257 Buttalimbua’ Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Rosdiah Salam, S.Pd, M.Pd dan Nursiah, S.Pd M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di kelas IV SDN No. 257 Buttalimbua’ Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto yang dilakukan penulis terungkap bahwa hasil belajar keterampilan membaca pemahaman murid pada mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan membaca pemahaman masih rendah utamanya dalam menentukan ide pokok suatu paragraf dengan nilai rata-rata kelas pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 adalah 40 % dengan murid tuntas hanya mencapai 8 orang dari 20 murid. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan strategi pembalajaran Directed Reading Activity (DRA) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman murid kelas IV SDN No. 257 Buttalimbua’ Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman murid kelas IV SDN No. 257 Buttalimbua Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto melalui strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang dalam bentuk yang bersiklus yakni siklus pertama jika pencapaian standar KKM belum berhasil maka dilanjutkan pada siklus kedua. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) dan keterampilan membaca pemahaman. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan murid kelas IV sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 murid laki-laki dan 10 murid perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan membaca pemahaman murid. Peningkatan itu dapat dilihat dari skor hasil belajar keterampilan membaca pemahaman murid setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Maka pada kesimpulan penelitian ini adalah dengan strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar murid kelas IV pada keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:13
Last Modified: 14 Jul 2023 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32910

Actions (login required)

View Item View Item